INSTRUMEN
KOMPETENSI KINERJA KEPALA SEKOLAH
Nama
Kepala Sekolah : O
M A, S.Pd
NIP : 19551107 197803 1 004
Pangkat/Golongan
Ruang : Pembina IV/A
Nama
Sekolah :
SD Negeri Cikareo
Alamat : Jl. Cikareo
TMT
Jadi Kepala Sekolah : 15 – 03 – 2005
TMT
di Sekolah ini : 01 – 09 – 2007
Tugas
Sebelum di Sekolah ini : SD
Negeri Ciabad
Jabatan
di Sekolah Sebelumnya : Kepala
Sekolah
Lama
Menjabat :
6 tahun 5 bulan
A.
PELAKSANAAN TUPOKSI
No
|
Dimensi
Penilaian
|
Indikator
penilaian
|
Penilaian
|
||
Bobot
|
Skor
|
Nilai
|
|||
I
|
Kompetensi Supervisi
|
|
|
|
|
|
1.
Program
Supervisi
|
5)
Program Supervisi terjadwal
menggunakan instrumen
supervisi frekuensi jelas dalam
setahun
4)
Program Supervisi terjadwal
menggunakan instrumen
supervisi tapi frekuensi tidak
jelas dalam setahun
3)
Program Supervisi terjadwal tapi
tidak menggunakan instrumen
supervisi
2)
Program Supervisi tapi tidak
terjadwal
1)
Tidak
memiliki program kerja
|
|
|
|
|
2.
Pelaksanaan
Supervisi
|
5)
Supervisi dilaksanakan
menggunakan instrumen dengan
volume minimal dua kali setahun
4)
Supervisi dilaksanakan
menggunakan instrumen dengan
volume kurang dari dua kali
setahun
3)
Supervisi dilaksanakan tapi tidak
menggunakan instrumen
2)
Supervisi dilaksanakan tapi tidak
menggunakan instrumen
1)
Supervisi tidak dilaksanakan
|
|
|
|
|
3.
Analisis
Hasil Supervisi
|
5)
Data lengkap, tertata secara
sistematis, ada tindak lanjut, dan
ada indikasi perubahan prestasi
4)
Data lengkap, tertata secara
sistematis, tapi tidak ada tindak
lanjut. Lanjuti tapi tidak semua
guru
3)
Data lengkap, tidak tertata secara
sistematis
2)
Ada data tapi tidak lengkap
1)
tidak memiliki data
|
|
|
|
No
|
Dimensi
Penilaian
|
Indikator
penilaian
|
Penilaian
|
||
Bobot
|
Skor
|
Nilai
|
|||
II
|
Kemampuan Manajerial
|
|
|
|
|
|
4.
Kemampuan
menyusun program kerja
|
5)
memiliki program tertulis arahnya
jelas sesuai situasi kondisi sekolah
dan tahapan jelas
4)
memiliki program kerja tertulis
arahnya jelas sesuai situasi kondisi
sekolah tapi tahapan tidak jelas
3)
memiliki progam kerja tertulis
arahnya jelas tapi tidak sesuai
dengan situasi kondisi sekolah
2)
memiliki program kerja tertulis tapi
arahnya tidak jelas
1)
Tidak memiliki program kerja
Tertulis
|
|
|
|
|
5.
Kemampuan
menyusun RAPBS
|
5)
memiliki RAPBS tertulis arah jelas
sesuai dengan situasi kondisi
sekolah dengan tahapan jelas
4)
memiliki RAPBS tertulis arah jelas
sesuai dengan situasi kondisi
sekolah tapi tahapan tidak jelas
3)
memiliki RAPBS tertulis arah jelas
tapi tidak sesuai dengan situasi
kondisi sekolah
2)
memiliki RAPBS tertulis tapi arah
tidak jelas
1)
tidak memiliki RAPBS tertulis
|
|
|
|
|
6.
Kemampuan
menyusun organisasi
|
5)
memiliki organisasi tertulis
arahnya jelas sesuai dengan
situasi kondisi sekolah dengan
tahapan yang jelas
4)
memiliki organisasi tertulis
arahnya jelas sesuai dengan
situasi kondisi sekolah tapi
tahapan tidak jelas
3)
memiliki organisasi tertulis
arahnya jelas tapi tidak sesuai
dengan situasi kondisi sekolah
2)
memiliki organisasi tertulis tapi
arahnya tidak jelas
1)
tidak memiliki organisasi tertulis
|
|
|
|
|
7.
Pembinaan
Professional
|
5)
Ada tertulis pada jadwal,
pelaksanaan membuat RPP dan
daftar nilai dikerjakan secara rutin
4)
Ada tertulis pada jadwal,
pelaksanaan membuat RPP dan
daftar nilai dikerjakan tapi tidak
rutin
3)
Ada tertulis pada jadwal,
pelaksanaan tidak membuat RPP
dan daftar nilai
2)
Tidak tertulis pada jadwal,
melaksanakan mengajar tapi
insidental
1)
Tidak ada pada jadwal dan
Pelaksanaannya
|
|
|
|
No
|
Dimensi
Penilaian
|
Indikator
penilaian
|
Penilaian
|
||
Bobot
|
Skor
|
Nilai
|
|||
|
8.
Tugas
mengajar
|
5)
KBM dilaksanakan sesuai dengan
RPP dan alur yang telah
ditentukan
4)
KBM dilaksanakan sesuai dengan
RPP tapi alur kurang sesuai
3)
KBM dilaksanakan sesuai dengan
RPP tapi alur tidak sesuai
2)
KBM dilaksanakan tapi kurang
sesuai dengan RPP yang dibuat
1)
KBM dilaksanakan tapi tidak
sesuai dengan RPP yang dibuat
|
|
|
|
|
9.
Target
Kurikulum
|
5)
Target kurikulum dan taraf serap
ada didokumenkan lengkap dan
tertib
4)
Target kurikulum dan taraf serap
ada didokumenkan lengkap tapi
kurang tertib
3)
Target kurikulum dan taraf serap
ada didokumenkan tapi tidak
lengkap
2)
Target kurikulum dan taraf serap
dibuat tapi tidak didokumenkan
1)
Target kurikulum dan taraf serap
tidak ada
|
|
|
|
|
10. US/USBN
|
5)
Daftar nilai US dan USBN ada
dan didokumenkan lengkap dan
tertib
4)
Daftar nilai US dan USBN ada
dan didokumenkan lengkap tapi
kurang tertib
3)
Daftar nilai US dan USBN ada
dan didokumenkan tapi tidak
lengkap
2)
Daftar nilai US dan USBN ada tapi
tidak didokumenkan
1)
Daftar nilai US dan UASBN tidak
Ada
|
|
|
|
|
11. Analisis hasil evaluasi
|
5)
Hasil evaluasi dianalisis,
didokumentasikan, secara
lengkap dan ditindaklanjuti oleh
semua guru
4)
Hasil evaluasi dianalisis,
didokumentasikan, secara
lengkap dan ditindaklanjuti oleh
semua guru
3)
Hasil evaluasi dianalisis,
didokumentasikan, tapi tidak
ditindaklanjuti
2)
Hasil evaluasi dianalisis, tapi tidak
didokumentasikan
1)
Tidak dibuat analisis hasil evaluasi
|
|
|
|
No
|
Dimensi
Penilaian
|
Indikator
penilaian
|
Penilaian
|
||
Bobot
|
Skor
|
Nilai
|
|||
|
12. Ketatalaksanaan administrasi
perpustakaan
|
5)
Administrasi perpustakaan
lengkap dan sistematis ada
perkembangan secara kuantitas
dan kualitas
4)
Administrasi perpustakaa lengkap
dan sistematis tapi tidak ada
perkembangan secara kuantitas
dan kualitas
3)
Administrasi perpustakaan
lengkap tapi tidak sistematis
2)
Administrasi perpustakaan dibuat
dan tidak lengkap
1)
Adminstrasi perpustakaan tidak
Dibuat
|
|
|
|
|
13. Sirkulasi buku
|
5)
Sirkulasi buku didokumentasikan
secara lengkap terpampang pada
papan data dan meningkat
4)
Sirkulasi buku didokumentasikan
secara lengkap terpampang pada
papan data
3)
Sirkulasi buku didokumentasikan
secara lengkap
2)
Sirkulasi buku didokumentasikan
tidak lengkap
1)
Sirkulasi buku tidak didokumen-
tasikan
|
|
|
|
|
14. Pemelihara
|
5)
Ruangan bersih sarana/buku
terawat dengan baik, ditata
dengan rapi, sangat mendukung
untuk kegiatan membaca
4)
Ruangan bersih sarana/buku
terawat dengan baik, ditata
dengan rapi, tapi tidak mendukung
untuk kegiatan membaca
3)
Ruangan bersih sarana/buku
terawat dengan baik, tapi tidak
ditata dengan rapi
2)
Ruangan bersih sarana/buku tidak
terawat dengan baik
1)
Ruangan tidak bersih,
sarana/buku tidak terawat dengan
baik
|
|
|
|
|
15. Visi-Misi
|
5)
Memiliki visi, misi tertulis arah
jelas sesuai situasi kondisi
sekolah dan tahapan jelas
4)
Memiliki visi, misi tertulis arah
jelas sesuai situasi kondisi
sekolah tapi tahapan tidak jelas
3)
Memiliki visi, misi tertulis arah
jelas tapi tidak sesuai situasi
kondisi sekolah
2)
Memiliki visi, misi tertulis tapi arah
tidak jelas
1)
Tidak memiliki visi dan misi yang
jelas
|
|
|
|
No
|
Dimensi
Penilaian
|
Indikator
penilaian
|
Penilaian
|
||
Bobot
|
Skor
|
Nilai
|
|||
|
16. Kemampuan mengambil keputusan
|
5)
Dibuat keputusan tercatat dan
ditindaklanjuti sesuai dengan
sasaran
4)
Dibuat keputusan tercatat dan
ditindaklanjuti tidak sesuai dengan
sasaran
3)
Dibuat keputusan tercatat tidak
ditindaklanjuti
2)
Dibuat keputusan tidak tercatat
1)
Tidak dibuat keputusan
|
|
|
|
|
17. Administrasi kurikulum dan
pembelajaran
|
5)
Kurikulum dibuat dengan prosedur
dan prinsip-prinsip
pengembangan untuk
peningkatan mutu
4)
Kurikulum dibuat dengan prosedur
dan prinsip-prinsip
pengembangan tidak dalam
peningkatan mutu
3)
Kurikulum dibuat dengan prosedur
tidak sesuai prinsip-prinsip
pengembangan
2)
Kurikulum dibuat tidak sesuai
prosedur
1)
Kurikulum tidak dibuat
|
|
|
|
|
18. Administrasi kesiswaan
|
5)
Memiliki data lengkap sistematis
dan ada penataan dalam
penataannya
4)
Memiliki data lengkap sistematis
tidak ada penataan dalam
penataannya
3)
Memiliki data lengkap tidak
sistematis
2)
Memiliki data tidak lengkap
1)
Tidak memiliki data
|
|
|
|
|
19. Tinggal kelas kenaikan kelas
|
5)
Memiliki data lengkap sistematis
dan ada penataan dalam
penataannya
4)
Memiliki data lengkap sistematis
tidak ada penataan dalam
penataannya
3)
Memiliki data lengkap tidak
sistematis
2)
Memiliki data tidak lengkap
1)
Tidak memiliki data
|
|
|
|
|
20. Melanjutkan
|
5)
Memiliki data lengkap sistematis
dan ada penataan dalam
penataannya
4)
Memiliki data lengkap sistematis
tidak ada penataan dalam
penataannya
3)
Memiliki data lengkap tidak
sistematis
2)
Memiliki data tidak lengkap
1)
Tidak memiliki data
|
|
|
|
No
|
Dimensi
Penilaian
|
Indikator
penilaian
|
Penilaian
|
||
Bobot
|
Skor
|
Nilai
|
|||
|
21. Penetapan angka kredit
|
5)
Memiliki data lengkap tertata
sistematis menunjukkan pening-
katan prestasi kerja pada guru
4)
Memiliki data lengkap tertata
sistematis tidak menunjukkan
peningkatan prestasi kerja pada
guru
3)
Memiliki data lengkap tidak tertata
Sistematis
2)
Memiliki data tapi tidak lengkap
1)
Tidak memiliki data
|
|
|
|
|
22. Keuangan
|
5)
Memiliki data lengkap tertata
secara sistematis dan ada
peningkatan dalam penataannya
4)
Memiliki data lengkap tertata
secara sistematis tapi tidak ada
peningkatan dalam penataannya
3)
Memiliki data lengkap tidak tertata
secara sistematis
2)
Ada data tapi tidak lengkap
1)
Tidak ada data
|
|
|
|
|
23. Lingkungan Sekolah
|
5)
Lingkungan bersih, sarana
terawat baik, ditata rapi, ada
peningkatan dari tahun
sebelumnya
4)
Lingkungan bersih, sarana
terawat baik, ditata rapi, tidak ada
peningkatan dari tahun
sebelumnya
3)
Lingkungan bersih, sarana
terawat baik, tapi tidak ditata rapi
2)
Lingkungan bersih, sarana tidak
terawat baik
1)
Lingkungan tidak bersih dan tidak
Terawatt
|
|
|
|
|
24. Pemanfaatan sarana dan prasarana
|
5)
Sarana terawat baik, rapid an
dimanfaatkan sebagai pendukung
pembelajaran.
4)
Sarana terawat baik, rapid an
sekali-kali dimanfaatkan sebagai
pendukung pembelajaran
3)
Sarana terawat baik, rapi tapi
tidak dimanfaatkan sebagai
pendukung pembelajaran
2)
Sarana terawat baik tapi tidak rapi
1)
Sarana tidak terawatt
|
|
|
|
|
25. Pengembangan sarana dan prasarana
|
5)
Pendataan sarana dan prasarana
yang ada dilaksanakan secara
rutin dan ada penambahan yang
baru
4)
Pendataan sarana dan prasarana
yang ada dilaksanakan secara
rutin tapi tidak ada penambahan
yang baru
3)
Pendataan sarana dan prasarana
yang ada dilaksanakan secara
tidak rutin
2)
Pendataan sarana dan prasarana
yang ada dilaksanakan tapi tidak
seluruhnya
1)
Tidak ada pendataan sarana dan
Prasarana
|
|
|
|
No
|
Dimensi
Penilaian
|
Indikator
penilaian
|
Penilaian
|
||
Bobot
|
Skor
|
Nilai
|
|||
|
26. Kemampuan membuat gagasan untuk
pembaharuan
|
5)
Ada gagasan konsisten stimulus
dan evaluasi
4)
Ada gagasan konsisten stimulus
tidak dievaluasi
3)
Ada gagasan konsisten tidak
stimulus
2)
Ada gagasan tidak konsisten
1)
Tidak ada gagasan
|
|
|
|
|
27. Kemampuan berkomunikasi
|
5)
Memberikan perintah dan tugas
mudah dipahami guru dan stabil
4)
Memberikan perintah dan tugas
mudah dipahami guru tidak stabil
3)
Memberikan perintah dan tugas
tidak mudah dipahami guru
2)
Memberikan perintah dan tugas
tidak jelas
1)
Tidak mampu berkomunikasi
|
|
|
|
|
28. Kemampuan menggerakkan guru
|
5)
Mampu memberikan tugas kepa-
da guru ada SK sesuai dengan
kemampuannya dan dievaluasi
4)
Mampu memberikan tugas kepa-
da guru ada SK sesuai dengan
kemampuannya tidak dievaluasi
3)
Mampu memberikan tugas
kepada guru ada SK tapi tidak
sesuai dengan kemampuannya
2)
Mampu membrikan tugas kepada
guru tidak ada SK
1)
Tidak mampu memberikan tugas
kepada guru
|
|
|
|
|
29. Memahami kondisi guru
|
5)
Memahami masalah guru
dijadikan catatan dan
ditindaklanjuti sampai tuntas
4)
Mamahami masalah guru
dijadikan catatan dan
ditindaklanjuti tidak sampai tuntas
3)
Memahami masalah guru
dijadikan catatan tapi tidak
ditindaklanjuti sampai tuntas
2) Memahami masalah guru tidak
dijadikan catatan
1) Tidak memahami masalah guru
|
|
|
|
|
Kompetensi Kepribadian
|
|
|
|
|
|
30. Jujur dalam melaksanakan tugas
|
5) Kepala sekolah jujur dalam hal
apapun terkait dengan
pelaksanaan tugas dan tanggung
jawabnya
4) Kepala sekolah jujur dalam hal
apapun terkait dengan
pelaksanaan tugas tapi tidak
tanggung jawabnya
3) Kepala sekolah jujur dalam hal
tertentu yang terkait dengan
pelaksanaan tugas dan tanggung
jawabnya
2) Kepala sekolah kurang jujur
dalam hal apapun terkait dengan
pelaksanaan
tugas dan tanggung
jawabnya
1) Kepala sekolag tidak jujur dalam
hal apapun
|
|
|
|
No
|
Dimensi
Penilaian
|
Indikator
penilaian
|
Penilaian
|
||
Bobot
|
Skor
|
Nilai
|
|||
|
31. Pengendalian emosi
|
5)
Kepala sekolah memiliki
kestabilan emosi dalam merespon
permasalahan dan mampu
memberikan solusinya
4)
Kepala sekolah memiliki
kestabilan emosi dalam merespon
permasalahan tapi tidak mampu
memberikan solusinya
3)
Kepala sekolah memiliki
kestabilan emosi tapi tidak
merespon terhadap permasalahan
2) Kepala sekolah kurang memiliki
kestabilan emosi dalam merespon permasalahan
1) Kepala sekolah selalu emosi dalam
merespon permasalahan
|
|
|
|
|
32. Percaya diri
|
5)
Kepala sekolah memiliki rasa
percaya diri dan komitmen dalam
tugas, bertanggung jawab atas
kebijakan yang ditetepkannya
4)
Kepala sekolah memiliki rasa
percaya diri dan komitmen dalam
tugas, tapi tidak bertanggung
jawab atas kebijakan yang
ditetepkannya
3)
Kepala sekolah memiliki rasa
percaya diri dan komitmen dalam
tugas,
2)
Kepala sekolah kurang memiliki
rasa percaya diri dalam
menetapkan kebijakan
1)
Kepala sekolah tidak memiliki
rasa percaya diri dalam
menetapkan kebijakan
|
|
|
|
|
33. Keteladanan
|
5)
Kepala sekolah memiliki
keteladanan terhadap lingkungan
kerja dan memberikan pengaruh
positif
4)
Kepala sekolah memiliki
keteladanan terhadap lingkungan
kerja tapi kurang memberikan
pengaruh positif
3)
Kepala sekolah memiliki
keteladanan terhadap lingkungan
kerja tapi tidak memberikan
pengaruh positif
2)
Kepala sekolah kurang memiliki
keteladanan dalam kepemimpinan
di lingkungan kerjanya
1)
Kepala sekolah tidak memiliki
keteladanan dalam
kepemimpinannya
|
|
|
|
No
|
Dimensi
Penilaian
|
Indikator
penilaian
|
Penilaian
|
||
Bobot
|
Skor
|
Nilai
|
|||
|
Kompetensi Sosial
|
|
|
|
|
|
34. Kemampuan kerja dengan
Komite/stakecholder
|
5)
Struktur organisasi komite sekolah
dengan pembagian tugas yang
jelas dan sesuai dengan tupoksi
sesuai dengan program sekolah
4)
Struktur organisasi komite sekolah
dengan pembagian tugas yang
jelas dan sesuai dengan tupoksi
tapi tidak sesuai dengan program
sekolah
3)
Struktur organisasi komite sekolah
dengan pembagian tugas yang
jelas dan sesuai dengan tupoksi
sesuai dengan program sekolah
2)
Struktur organisasi komite sekolah
dengan pembagian tugas yang
jelas tapi tidak sesuai dengan
tupoksi
1)
Tidak ada Struktur organisasi
komite sekolah
|
|
|
|
|
35. Kesejahteraan guru
|
5)
Kesejahteraan pegawai terjadwal
didokumentasikan dan dapat
menyentuh pegawai
4)
Kesejahteraan pegawai terjadwal
didokumentasikan dan tidak dapat
menyentuh pegawai
3)
Kesejahteraan pegawai terjadwal
tapi tidak didokumentasikan
2)
Kesejahteraan pegawai terjadwal
secara insidentil
1)
Tidak menjadwalkan
kesejahteraan secara jelas
|
|
|
|
|
36. Memiliki kepedulian
|
5)
Peka terhadap kejadian yang di-
alami oleh kerja dan peduli untuk
memberikan perhatian kepada
yang bersangkutan
4)
Peka terhadap kejadian yang
dialami oleh rekan kerja dan
kadang-kadang peduli untuk
memberikan perhatian kepada
yang bersangkutan
3)
Peka terhadap kejadian yang
dialami oleh kerja tapi tidak peduli
kepada yang bersangkutan
2)
Kurang peka terhadap kejadian
yang dialami oleh rekan kerja
1)
Kurang peka terhadap kejadian
yang dialami oleh rekan kerja
|
|
|
|
No
|
Dimensi
Penilaian
|
Indikator
penilaian
|
Penilaian
|
||
Bobot
|
Skor
|
Nilai
|
|||
|
37. Hubungan dengan instansi lain
|
5)
Menjalin hubungan kerja sama
dengan instansi lain lebih dari 3
instansi dan dibuat program kerja
sama
4)
Menjalin hubungan kerja sama
dengan 3 instansi lain dan dibuat
program kerja sama
3)
Menjalin hubungan kerja sama
dengan 2 instansi lain dan dibuat
program kerja sama
2)
Menjalin hubungan kerja sama
dengan 1 instansi lain dan dibuat
program kerja sama
1)
Menjalin hubungan kerja sama
dengan instansi lain dan tidak
dibuat program kerja sama
|
|
|
|
|
38. Loyalitas terhadap tugas dari atasan
dan dinas
|
5)
Loyal terhadap perintah dinas/
atasan dan tugas dilaksanakan
sesuai dengan aturan yang telah
ditentukan
4)
Loyal terhadap perintah dinas/
atasan dan tugas dilaksanakan
kurang sesuai dengan aturan
yang telah ditentukan
3)
Loyal terhadap perintah dinas/
atasan dan tugas dilaksanakan
tidak sesuai dengan aturan yang
telah ditentukan
2)
Loyal terhadap perintah dinas/
atasan tapi tidak dilaksanakan
tepat waktu
1)
Tidak loyal terhadap perintah
dinas/ atasan
|
|
|
|
|
39. Perayaan Hari Besar Nasional
|
5)
Selalu mengadakan upacara
bendera setiap Hari Besar
Nasional dan didokumentasikan
4)
Selalu mengadakan upacara
bendera setiap Hari Besar
Nasional tapi tidak
didokumentasikan
3)
Tidak selalu mengadakan upacara
bendera setiap Hari Besar
Nasional tapi dibuat dokumentasi
2)
Tidak selalu mengadakan upacara
bendera setiap Hari Besar
Nasional dan tidak
didokumentasikan
1)
Tidak pernah mengadakan
upacara bendera Hari Besar
Nasional
|
|
|
|
No
|
Dimensi
Penilaian
|
Indikator
penilaian
|
Penilaian
|
||
Bobot
|
Skor
|
Nilai
|
|||
|
40. Perayaan Hari Besar Keagamaan
|
5)
Selalu mengadakan perayaan
Hari Besar Keagamaan dan
dibuatkan dokumentasi
4)
Selalu mengadakan perayaan
Hari Besar Keagamaan tapi tidak
dibuatkan dokumentasi
3)
Tidak selalu mengadakan
perayaan Hari Besar Keagamaan
tapi dibuatkan dokumentasi
2)
Tidak selalu mengadakan
perayaan Hari Besar Keagamaan
dan tidak dibuatkan dokumentasi
1)
Tidak pernah mengadakan
perayaan Hari Besar Keagamaan
|
|
|
|
Penilai 2
Drs.
EMPAN APANDI, M.Si
NIP. 19610617 198202 1 002
|
|
Cicantayan, Januari 2011
Penilai 1
YAYAT
RUHIYAT, S.Pd
NIP. 19551012 197601 1 002
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar