Jumat, 17 Februari 2012

Calendar Masehi


Calendar Masehi

-          Januari
Bangsa Romawi menamainya dengan nama ini dari nama sembahan mereka yg bernama venus, yaitu Dewa Matahari. Mereka menggambarkannya dengan bentuk seorang laki-laki yg membawa semcam orang ditangan kanannya dan membawa kunci ditangan kirinya. Sebagai dewa matahari, orang-orang romawi berkonsentrasi kepada dewa ini saat memulai dan selesai dari aktivitas. Pintu kuil Romawi yg dikhususkan untuk dewa ini selalu terbuka ditengah peperangan, dan tidak akan tertutup kecuali pada masa damai.
-          Febrauari
Bangsa romawi menyebutnya Anius Hchru, maknanya adalah penebusan dan pengampunan. Pada tanggal 15 Februari mereka merayakannya sebagai hari kesucian yg dikhususkan bagi dewa Lubukus. Adapun bentuk dewa ini pada khayalan mereka adalah seorang wanita yg mengenakan kain, sementara ditangannya terdapat seekor burung kecil. Disisinya adalah sebuah lubang air yg mengalir deras, dan  dibawah kedua kakinya terdapat seekor burung, Dewa kesedihan.
-          Maret
Dinisbatkan pada bintang Mirrikh ( Mares ), Dewa peperangan, penolong bagsa dan pelindung mereka.
-          April
Bahasa latin, Apcillis derivasi kata Apcirc yang berarti terbuka dan bersinar, dilambangkan dengan bintang venus. Adapun rupanya menurut bagsa romawi adalah seorang pedansa yg berdansa menurut irama music.
-          Mei
Bahasa Latin, Mains, Dewi kaum wanita bangsa yunani dan romawi. Dia adalah putri Dewa atlas dan ibu dari dewa Hermes. Dalam sebuah hikayat ibu Utahrid, dewa-dewi tersebut melahirkan dan dilahirkan layaknya manusia. Tahukah anda sekarang darimana asal usul pemilihan ratu “ kecantikan dunia” ?!
-          Juni
Nama sebuah suku romawi, akan tetapi mengapa bulan tersebut dinamakan dengan nama suku ini ? Masih sebuah misteri.
-          Juli
Diberi nama dengan nama Caesar Kayus Yulius sebagai bentuk pengabdian dan pengagungan.
-          Agustus
Diambil dari nama kaisra pertama romawi sebagai bentuk pengagungan.
-          September, Oktober, November, dan Desember
Keempat bulan ini, namanya tetap sama dengan nama-nama yg dulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar