Minggu, 12 Februari 2012

INSTRUMEN KOMPETENSI KINERJA KEPALA SEKOLAH

INSTRUMEN KOMPETENSI KINERJA KEPALA SEKOLAH

Nama Kepala Sekolah                        : O M A, S.Pd
NIP                                                      : 19551107 197803 1 004
Pangkat/Golongan Ruang                  : Pembina IV/A
Nama Sekolah                                    : SD Negeri Cikareo
Alamat                                                 : Jl. Cikareo
TMT Jadi Kepala Sekolah                  : 15 – 03 – 2005
TMT di Sekolah ini                              : 01 – 09 – 2007
Tugas Sebelum di Sekolah ini            : SD Negeri Ciabad
Jabatan di Sekolah Sebelumnya        : Kepala Sekolah
Lama Menjabat                                   : 6 tahun 5 bulan

A.     PELAKSANAAN TUPOKSI
No
Dimensi Penilaian
Indikator penilaian
Penilaian
Bobot
Skor
Nilai
I
Kompetensi Supervisi





1.    Program Supervisi
5)   Program Supervisi terjadwal
      menggunakan instrumen
      supervisi frekuensi jelas dalam
      setahun
4)   Program Supervisi terjadwal
      menggunakan instrumen
      supervisi tapi frekuensi tidak
      jelas dalam setahun
3)   Program Supervisi terjadwal tapi
      tidak menggunakan instrumen
      supervisi
2)   Program Supervisi tapi tidak
      terjadwal
1)   Tidak memiliki program kerja




2.    Pelaksanaan Supervisi
5)  Supervisi dilaksanakan
     menggunakan instrumen dengan
     volume minimal dua kali setahun
4)  Supervisi dilaksanakan
     menggunakan instrumen dengan
     volume kurang dari dua kali
     setahun
3)  Supervisi dilaksanakan tapi tidak
     menggunakan instrumen
2)  Supervisi dilaksanakan tapi tidak
     menggunakan instrumen
1)  Supervisi tidak dilaksanakan




3.    Analisis Hasil Supervisi
5)  Data lengkap, tertata secara
     sistematis, ada tindak lanjut, dan
     ada indikasi perubahan prestasi
4)  Data lengkap, tertata secara
     sistematis, tapi tidak ada tindak
     lanjut. Lanjuti tapi tidak semua
     guru
3)  Data lengkap, tidak tertata secara
     sistematis
2)  Ada data tapi tidak lengkap
1)  tidak memiliki data






No
Dimensi Penilaian
Indikator penilaian
Penilaian
Bobot
Skor
Nilai
II
Kemampuan Manajerial





4.    Kemampuan menyusun program kerja
5)  memiliki program tertulis arahnya
     jelas sesuai situasi kondisi sekolah
     dan tahapan jelas
4)  memiliki program kerja tertulis
     arahnya jelas sesuai situasi kondisi     
     sekolah tapi tahapan tidak jelas
3)  memiliki progam kerja tertulis
     arahnya jelas tapi tidak sesuai  
     dengan situasi kondisi sekolah
2)  memiliki program kerja tertulis tapi
     arahnya tidak jelas
1)  Tidak memiliki program kerja  
     Tertulis





5.    Kemampuan menyusun RAPBS
5)   memiliki RAPBS tertulis arah jelas
      sesuai dengan situasi kondisi
      sekolah dengan tahapan jelas
4)   memiliki RAPBS tertulis arah jelas
      sesuai dengan situasi kondisi
      sekolah tapi tahapan tidak jelas
3)   memiliki RAPBS tertulis arah jelas
      tapi tidak sesuai dengan situasi   
      kondisi sekolah
2)   memiliki RAPBS tertulis tapi arah
      tidak jelas
1)   tidak memiliki RAPBS tertulis





6.    Kemampuan menyusun organisasi
5)   memiliki organisasi tertulis
      arahnya jelas sesuai dengan
      situasi kondisi sekolah dengan   
      tahapan yang jelas
4)   memiliki organisasi tertulis
      arahnya jelas sesuai dengan
      situasi kondisi sekolah tapi
      tahapan tidak jelas
3)   memiliki organisasi tertulis
      arahnya jelas tapi tidak sesuai
      dengan situasi kondisi sekolah
2)   memiliki organisasi tertulis tapi
      arahnya tidak jelas
1)   tidak memiliki organisasi tertulis





7.    Pembinaan Professional
5)   Ada tertulis pada jadwal,
      pelaksanaan membuat RPP dan
     daftar nilai dikerjakan secara rutin
4)   Ada tertulis pada jadwal,
      pelaksanaan membuat RPP dan
      daftar nilai dikerjakan tapi tidak
      rutin
3)   Ada tertulis pada jadwal,
      pelaksanaan tidak membuat RPP
     dan daftar nilai
2)   Tidak tertulis pada jadwal,
      melaksanakan mengajar tapi 
      insidental
1)   Tidak ada pada jadwal dan
      Pelaksanaannya







No
Dimensi Penilaian
Indikator penilaian
Penilaian
Bobot
Skor
Nilai

8.    Tugas mengajar
5)   KBM dilaksanakan sesuai dengan
      RPP dan alur yang telah
      ditentukan
4)   KBM dilaksanakan sesuai dengan
      RPP tapi alur kurang sesuai
3)   KBM dilaksanakan sesuai dengan
      RPP tapi alur tidak sesuai
2)   KBM dilaksanakan tapi kurang
      sesuai dengan RPP yang dibuat
1)   KBM dilaksanakan tapi tidak
      sesuai dengan RPP yang dibuat






9.    Target Kurikulum
5)   Target kurikulum dan taraf serap
      ada didokumenkan lengkap dan
      tertib
4)   Target kurikulum dan taraf serap
      ada didokumenkan lengkap tapi
      kurang tertib
3)   Target kurikulum dan taraf serap
      ada didokumenkan tapi tidak
      lengkap
2)   Target kurikulum dan taraf serap
      dibuat tapi tidak didokumenkan
1)   Target kurikulum dan taraf serap
      tidak ada






10. US/USBN
5)   Daftar nilai US dan USBN ada
      dan didokumenkan lengkap dan
      tertib
4)   Daftar nilai US dan USBN ada
      dan didokumenkan lengkap tapi
      kurang tertib
3)   Daftar nilai US dan USBN ada
      dan didokumenkan tapi tidak
      lengkap
2)   Daftar nilai US dan USBN ada tapi
      tidak didokumenkan
1)   Daftar nilai US dan UASBN tidak
      Ada






11. Analisis hasil evaluasi
5)   Hasil evaluasi dianalisis,
      didokumentasikan, secara
      lengkap dan ditindaklanjuti oleh
      semua guru
4)   Hasil evaluasi dianalisis,
      didokumentasikan, secara
      lengkap dan ditindaklanjuti oleh
      semua guru
3)   Hasil evaluasi dianalisis,
      didokumentasikan, tapi tidak
      ditindaklanjuti
2)   Hasil evaluasi dianalisis, tapi tidak
      didokumentasikan
1)  Tidak dibuat analisis hasil evaluasi








No
Dimensi Penilaian
Indikator penilaian
Penilaian
Bobot
Skor
Nilai

12. Ketatalaksanaan administrasi perpustakaan
5)   Administrasi perpustakaan
      lengkap dan sistematis ada
      perkembangan secara kuantitas
      dan kualitas
4)   Administrasi perpustakaa lengkap
      dan sistematis tapi tidak ada
      perkembangan secara kuantitas
      dan kualitas
3)   Administrasi perpustakaan
      lengkap tapi tidak sistematis
2)   Administrasi perpustakaan dibuat
      dan tidak lengkap
1)   Adminstrasi perpustakaan tidak  
      Dibuat





13. Sirkulasi buku
5)   Sirkulasi buku didokumentasikan
      secara lengkap terpampang pada
      papan data dan meningkat
4)   Sirkulasi buku didokumentasikan
      secara lengkap terpampang pada
      papan data
3)   Sirkulasi buku didokumentasikan 
      secara lengkap
2)   Sirkulasi buku didokumentasikan
      tidak lengkap
1)   Sirkulasi buku tidak didokumen-
      tasikan





14. Pemelihara
5)   Ruangan bersih sarana/buku
      terawat dengan baik, ditata
      dengan rapi, sangat mendukung
      untuk kegiatan membaca
4)   Ruangan bersih sarana/buku
      terawat dengan baik, ditata
      dengan rapi, tapi tidak mendukung
      untuk kegiatan membaca
3)   Ruangan bersih sarana/buku
      terawat dengan baik, tapi tidak
      ditata dengan rapi
2)   Ruangan bersih sarana/buku tidak
      terawat dengan baik
1)   Ruangan tidak bersih,
      sarana/buku tidak terawat dengan
      baik





15. Visi-Misi
5)   Memiliki visi, misi tertulis arah
      jelas sesuai situasi kondisi
      sekolah dan tahapan jelas
4)   Memiliki visi, misi tertulis arah
      jelas sesuai situasi kondisi
      sekolah tapi tahapan tidak jelas
3)   Memiliki visi, misi tertulis arah
      jelas tapi tidak sesuai situasi
      kondisi sekolah
2)   Memiliki visi, misi tertulis tapi arah
      tidak jelas
1)   Tidak memiliki visi dan misi yang
      jelas







No
Dimensi Penilaian
Indikator penilaian
Penilaian
Bobot
Skor
Nilai

16. Kemampuan mengambil keputusan
5)   Dibuat keputusan tercatat dan
      ditindaklanjuti sesuai dengan
      sasaran
4)   Dibuat keputusan tercatat dan
      ditindaklanjuti tidak sesuai dengan
      sasaran
3)   Dibuat keputusan tercatat tidak
      ditindaklanjuti
2)   Dibuat keputusan tidak tercatat
1)   Tidak dibuat keputusan





17. Administrasi kurikulum dan pembelajaran
5)   Kurikulum dibuat dengan prosedur
      dan prinsip-prinsip  
      pengembangan untuk
      peningkatan mutu
4)   Kurikulum dibuat dengan prosedur
      dan prinsip-prinsip
      pengembangan tidak dalam
      peningkatan mutu
3)   Kurikulum dibuat dengan prosedur
      tidak sesuai prinsip-prinsip
      pengembangan
2)   Kurikulum dibuat tidak sesuai
      prosedur
1)   Kurikulum tidak dibuat





18. Administrasi kesiswaan
5)   Memiliki data lengkap sistematis
      dan ada penataan dalam
      penataannya
4)   Memiliki data lengkap sistematis
      tidak ada penataan dalam
      penataannya
3)   Memiliki data lengkap tidak
      sistematis
2)   Memiliki data tidak lengkap
1)   Tidak memiliki data





19. Tinggal kelas kenaikan kelas
5)   Memiliki data lengkap sistematis
      dan ada penataan dalam
      penataannya
4)   Memiliki data lengkap sistematis
      tidak ada penataan dalam
      penataannya
3)   Memiliki data lengkap tidak
      sistematis
2)   Memiliki data tidak lengkap
1)   Tidak memiliki data





20. Melanjutkan
5)   Memiliki data lengkap sistematis
      dan ada penataan dalam
      penataannya
4)   Memiliki data lengkap sistematis
      tidak ada penataan dalam
      penataannya
3)   Memiliki data lengkap tidak
      sistematis
2)   Memiliki data tidak lengkap
1)   Tidak memiliki data







No
Dimensi Penilaian
Indikator penilaian
Penilaian
Bobot
Skor
Nilai

21. Penetapan angka kredit
5)   Memiliki data lengkap tertata
      sistematis menunjukkan pening-
      katan prestasi kerja pada guru
4)   Memiliki data lengkap tertata
      sistematis tidak menunjukkan
      peningkatan prestasi kerja pada
      guru
3)   Memiliki data lengkap tidak tertata
      Sistematis
2)   Memiliki data tapi tidak lengkap
1)   Tidak memiliki data




22. Keuangan
5)   Memiliki data lengkap tertata
      secara sistematis dan ada
      peningkatan dalam penataannya
4)   Memiliki data lengkap tertata
      secara sistematis tapi tidak ada
      peningkatan dalam penataannya
3)   Memiliki data lengkap tidak tertata
      secara sistematis
2)   Ada data tapi tidak lengkap
1)   Tidak ada data




23. Lingkungan Sekolah
5)   Lingkungan bersih, sarana
      terawat baik, ditata rapi, ada
      peningkatan dari tahun
      sebelumnya
4)   Lingkungan bersih, sarana
      terawat baik, ditata rapi, tidak ada
      peningkatan dari tahun
      sebelumnya
3)   Lingkungan bersih, sarana
      terawat baik, tapi tidak ditata rapi
2)   Lingkungan bersih, sarana tidak
      terawat baik
1)   Lingkungan tidak bersih dan tidak
      Terawatt




24. Pemanfaatan sarana dan prasarana
5)   Sarana terawat baik, rapid an
      dimanfaatkan sebagai pendukung
      pembelajaran.
4)   Sarana terawat baik, rapid an
      sekali-kali dimanfaatkan sebagai
      pendukung pembelajaran
3)   Sarana terawat baik, rapi tapi
      tidak dimanfaatkan sebagai
      pendukung pembelajaran
2)   Sarana terawat baik tapi tidak rapi
1)   Sarana tidak terawatt




25. Pengembangan sarana dan prasarana
5)   Pendataan sarana dan prasarana
      yang ada dilaksanakan secara
      rutin dan ada penambahan yang
      baru
4)   Pendataan sarana dan prasarana
      yang ada dilaksanakan secara   
      rutin tapi tidak ada penambahan
      yang baru
3)   Pendataan sarana dan prasarana
      yang ada dilaksanakan secara
      tidak rutin
2)   Pendataan sarana dan prasarana
      yang ada dilaksanakan tapi tidak
      seluruhnya
1)   Tidak ada pendataan sarana dan  
      Prasarana



No
Dimensi Penilaian
Indikator penilaian
Penilaian
Bobot
Skor
Nilai

26. Kemampuan membuat gagasan untuk pembaharuan
5)   Ada gagasan konsisten stimulus
      dan evaluasi
4)   Ada gagasan konsisten stimulus
      tidak dievaluasi
3)   Ada gagasan konsisten tidak
      stimulus
2)   Ada gagasan tidak konsisten
1)   Tidak ada gagasan




27. Kemampuan berkomunikasi
5)    Memberikan perintah dan tugas 
       mudah dipahami guru dan stabil
4)    Memberikan perintah dan tugas
       mudah dipahami guru tidak stabil
3)    Memberikan perintah dan tugas
       tidak mudah dipahami guru
2)    Memberikan perintah dan tugas
       tidak jelas
1)    Tidak mampu berkomunikasi




28. Kemampuan menggerakkan guru
5)    Mampu memberikan tugas kepa-
       da guru ada SK sesuai dengan
       kemampuannya dan dievaluasi
4)    Mampu memberikan tugas kepa-
       da guru ada SK sesuai dengan
       kemampuannya tidak dievaluasi
3)    Mampu memberikan tugas
       kepada guru ada SK tapi tidak
       sesuai dengan kemampuannya
2)    Mampu membrikan tugas kepada
       guru tidak ada SK
1)    Tidak mampu memberikan tugas
       kepada guru




29. Memahami kondisi guru
5)    Memahami masalah guru
       dijadikan catatan dan
       ditindaklanjuti sampai tuntas
4)    Mamahami masalah guru
       dijadikan catatan dan
       ditindaklanjuti tidak sampai tuntas
3)    Memahami masalah guru
       dijadikan catatan tapi tidak
        ditindaklanjuti sampai tuntas
2)     Memahami masalah guru tidak
        dijadikan catatan
1)     Tidak memahami masalah guru




Kompetensi Kepribadian





30. Jujur dalam melaksanakan tugas
5)   Kepala sekolah jujur dalam hal
      apapun terkait dengan
      pelaksanaan tugas dan tanggung
      jawabnya
4)   Kepala sekolah jujur dalam hal
      apapun terkait dengan
      pelaksanaan tugas tapi tidak
      tanggung jawabnya
3)   Kepala sekolah jujur dalam hal
      tertentu yang terkait dengan
      pelaksanaan tugas dan tanggung
      jawabnya
2)   Kepala sekolah kurang jujur
      dalam hal apapun terkait dengan
      pelaksanaan tugas dan tanggung
      jawabnya
1)   Kepala sekolag tidak jujur dalam
      hal apapun



No
Dimensi Penilaian
Indikator penilaian
Penilaian
Bobot
Skor
Nilai

31. Pengendalian emosi
5)   Kepala sekolah memiliki
      kestabilan emosi dalam merespon
      permasalahan dan mampu
      memberikan solusinya
4)   Kepala sekolah memiliki
      kestabilan emosi dalam merespon
      permasalahan tapi tidak mampu
      memberikan solusinya
3)   Kepala sekolah memiliki
      kestabilan emosi tapi tidak
      merespon terhadap permasalahan
2)  Kepala sekolah kurang memiliki kestabilan emosi dalam merespon permasalahan
1)  Kepala sekolah selalu emosi dalam merespon permasalahan






32. Percaya diri
5)   Kepala sekolah memiliki rasa
      percaya diri dan komitmen dalam
      tugas, bertanggung  jawab atas
      kebijakan yang ditetepkannya
4)   Kepala sekolah memiliki rasa
      percaya diri dan komitmen dalam
      tugas, tapi tidak bertanggung 
      jawab atas kebijakan yang
      ditetepkannya
3)   Kepala sekolah memiliki rasa
      percaya diri dan komitmen dalam
      tugas,
2)   Kepala sekolah kurang memiliki
      rasa percaya diri dalam
      menetapkan kebijakan
1)   Kepala sekolah tidak memiliki
      rasa percaya diri dalam
      menetapkan kebijakan






33. Keteladanan
5)   Kepala sekolah memiliki
      keteladanan terhadap lingkungan
      kerja dan memberikan pengaruh
      positif
4)   Kepala sekolah memiliki
      keteladanan terhadap lingkungan
      kerja tapi kurang memberikan
      pengaruh positif
3)   Kepala sekolah memiliki
      keteladanan terhadap lingkungan
      kerja tapi tidak memberikan
      pengaruh positif
2)   Kepala sekolah kurang memiliki
      keteladanan dalam kepemimpinan
      di lingkungan kerjanya
1)   Kepala sekolah tidak memiliki
      keteladanan dalam
      kepemimpinannya









No
Dimensi Penilaian
Indikator penilaian
Penilaian
Bobot
Skor
Nilai

Kompetensi Sosial





34. Kemampuan kerja dengan Komite/stakecholder
5)   Struktur organisasi komite sekolah
      dengan pembagian tugas yang
      jelas dan sesuai dengan tupoksi
      sesuai dengan program sekolah
4)   Struktur organisasi komite sekolah
      dengan pembagian tugas yang
      jelas dan sesuai dengan tupoksi
      tapi tidak sesuai dengan program
      sekolah
3)   Struktur organisasi komite sekolah
      dengan pembagian tugas yang
      jelas dan sesuai dengan tupoksi
      sesuai dengan program sekolah
2)   Struktur organisasi komite sekolah
      dengan pembagian tugas yang
      jelas tapi tidak sesuai dengan
      tupoksi
1)   Tidak ada Struktur organisasi
      komite sekolah







35. Kesejahteraan guru
5)   Kesejahteraan pegawai terjadwal
      didokumentasikan dan dapat
      menyentuh pegawai
4)   Kesejahteraan pegawai terjadwal
      didokumentasikan dan tidak dapat
      menyentuh pegawai
3)   Kesejahteraan pegawai terjadwal
      tapi tidak didokumentasikan
2)   Kesejahteraan pegawai terjadwal
      secara insidentil
1)   Tidak menjadwalkan
      kesejahteraan secara jelas







36. Memiliki kepedulian
5)   Peka terhadap kejadian yang di-
      alami oleh kerja dan peduli untuk
      memberikan perhatian kepada
      yang bersangkutan
4)   Peka terhadap kejadian yang
      dialami oleh rekan kerja dan
      kadang-kadang peduli untuk
      memberikan perhatian kepada
      yang bersangkutan
3)   Peka terhadap kejadian yang
      dialami oleh kerja tapi tidak peduli
      kepada yang bersangkutan
2)   Kurang peka terhadap kejadian
      yang dialami oleh rekan kerja
1)   Kurang peka terhadap kejadian
      yang dialami oleh rekan kerja










No
Dimensi Penilaian
Indikator penilaian
Penilaian
Bobot
Skor
Nilai

37. Hubungan dengan instansi lain
5)   Menjalin hubungan kerja sama
      dengan instansi lain lebih dari 3
      instansi dan dibuat program kerja
      sama
4)   Menjalin hubungan kerja sama
      dengan 3 instansi lain dan dibuat
      program kerja sama
3)   Menjalin hubungan kerja sama
      dengan 2 instansi lain dan dibuat
      program kerja sama
2)   Menjalin hubungan kerja sama
      dengan 1 instansi lain dan dibuat
      program kerja sama
1)   Menjalin hubungan kerja sama
      dengan instansi lain dan tidak
      dibuat program kerja sama







38. Loyalitas terhadap tugas dari atasan dan dinas
5)   Loyal terhadap perintah dinas/
      atasan dan tugas dilaksanakan
      sesuai dengan aturan yang telah
      ditentukan
4)   Loyal terhadap perintah dinas/
      atasan dan tugas dilaksanakan
      kurang sesuai dengan aturan
      yang telah ditentukan
3)   Loyal terhadap perintah dinas/
      atasan dan tugas dilaksanakan
      tidak sesuai dengan aturan yang
      telah ditentukan
2)   Loyal terhadap perintah dinas/
      atasan tapi tidak dilaksanakan
      tepat waktu
1)   Tidak loyal terhadap perintah
      dinas/ atasan







39. Perayaan Hari Besar Nasional
5)   Selalu mengadakan upacara
      bendera setiap Hari Besar
      Nasional dan didokumentasikan
4)   Selalu mengadakan upacara
      bendera setiap Hari Besar
      Nasional tapi tidak 
      didokumentasikan
3)   Tidak selalu mengadakan upacara
      bendera setiap Hari Besar
      Nasional tapi dibuat dokumentasi
2)   Tidak selalu mengadakan upacara
      bendera setiap Hari Besar
      Nasional dan tidak  
      didokumentasikan
1)   Tidak pernah mengadakan
      upacara bendera Hari Besar
      Nasional









No
Dimensi Penilaian
Indikator penilaian
Penilaian
Bobot
Skor
Nilai

40. Perayaan Hari Besar Keagamaan
5)   Selalu mengadakan perayaan
      Hari Besar Keagamaan dan
      dibuatkan dokumentasi
4)   Selalu mengadakan perayaan
      Hari Besar Keagamaan tapi tidak
      dibuatkan dokumentasi
3)   Tidak selalu mengadakan
      perayaan Hari Besar Keagamaan
      tapi dibuatkan dokumentasi
2)   Tidak selalu mengadakan
      perayaan Hari Besar Keagamaan
      dan tidak dibuatkan dokumentasi
1)   Tidak pernah mengadakan
      perayaan Hari Besar Keagamaan











Penilai 2








Drs. EMPAN APANDI, M.Si
NIP. 19610617 198202 1 002

Cicantayan,   Januari 2011
Penilai 1







YAYAT RUHIYAT, S.Pd
NIP. 19551012 197601 1 002


Tidak ada komentar:

Posting Komentar